5 Kue Khas Banjar yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

bolu_lapis_oleh_oleh_wadai_banjar
Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kekayaan kuliner dari Indonesia beneran nggak bisa diabaikan, lho. Mulai dari Sabang hingga Merauke, ragam kulinernya yang khas tentunya memiliki daya tariknya tersendiri, tak terkecuali Banjarmasin. Salah satu kota yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki total luas 98,46 km² ini juga memiliki ratusan kuliner yang lezat, lho. Nah, di artikel kali ini admin bakalan ngebahas apa aja jajanan dan camilan yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung atau singgah ke Kota Banjarmasin. Daripada penasaran, simak yuk!

Kue Rangai

Kuliner satu ini merupakan jenis kue tradisional, lho. Terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dikombinasikan dengan kelapa sangrai dan gula. Teksturnya renyah dengan cita rasa gurih manis. Cocok kok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Kue rangai oleh-oleh khas Banjarmasin. (sumber: pesonanusantara.co.id)

Apam Barabai

FYI, nama barabai ternyata diambil dari nama ibukota dari kabupaten Hulu Sungai Tengah yang merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan, lho. Merupakan jenis kue basah tradisional, apam ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih dan tape singkong. Apam barabai memiliki bentuk bulat dan tipis, dengan warna merah kecokelatan atau putih. Dihargai dengan kisaran harga mulai dari Rp. 5000-Rp. 8000, apam barabai bisa kamu beli untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue apam barabai oleh-oleh khas Banjarmasin. (sumber: ksmtour.com)

Bingka

Jajanan khas Banjarmasin yang selanjutnya adalah bingka. Kue tradisional ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur lembut dan biasanya sedikit berlemak. Seiring perkembangan kuliner, kue bingka dalam pembuatannya dikombinasikan dengan beragam buah-buahan agar menciptakan cita rasa yang juga beragam, lho. Ragam buah-buahan yang digunakan adalah seperti waluh, nangka, kentang hingga durian. Untuk harganya, bingka dihargai seharga Rp. 30.000. Kamu bisa membeli ragam bingka khas Banjarmasin di toko oleh-oleh Wadai Banjar yang terletak di Jl. A. Yani KM 2 No. 83, Banjarmasin, (Seberang Hotel Golden Tulip). Bisa tahan selama 3-5 hari, kue bingka dari Wadai Banjar bisa dijadikan oleh-oleh khas kala kamu berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Wadai bingka waluh oleh-oleh khas Banjarmasin dari Wadai Banjar. (sumber: wadaibanjar.com)

Bolu Waluh

Selanjutnya ada bolu waluh. Bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh Wadai Banjar di jalan Jl. A. Yani KM 2 No. 83, Banjarmasin, (Seberang Hotel Golden Tulip), lho. Olahan bolu waluh ini memiliki cita rasa manis gurih yang lezat dengan tekstur bolu yang lembut. Bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 42.000-Rp. 50.000, bolu waluh dari Wadai Banjar cocok banget dijadikan oleh-oleh khas Kota Banjarmasin.

Bolu lapis waluh oleh-oleh khas Banjarmasin dari Wadai Banjar. (sumber: wadaibanjar.com)

Jadi, sudah tau kan apa aja kue dan jajanan tradisional khas Banjarmasin yang bisa kamu jadikan oleh-oleh? Semua kuliner yang disebutkan di atas, wajib kamu cobain karena cita rasanya yang lezat dan bisa bikin kamu ketagihan. (*)

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berikan Komentar.

  Outlet Wadai
  • Jl. A. Yani KM 2 No. 83, Banjarmasin, (Seberang Hotel Golden Tulip)
  • 0851 0020 8887
  • Buka Pukul 07.00 - 22.00 WIB

Artikel Terbaru